Blue Wings - Working In Background

2 Handed Tapping

hari ini gw mau share pengetahuan tentang sejarah 2handed- tapping

buat yang belom tau 2-handed tapping , itu kalo dijelasin secara kasarnya kita main gitar tapi tangan tangan kita nggak metik senar justru disentuh difret yang mau kita mainin .
kilas flashback sejarahnya :
Teknik two handed tapping (memukul senar dengan dua tangan, kiri dan kanan) saat ini sudah demikian majunya. Banyak pemain masa ini yang menarikan jari tangan kanannya di atas fret sama cepatnya dengan jari tangan kiri sehingga sebuah gitar seolah-olah dimainkan oleh 2 orang. Teknik memainkan gitar dengan two handed tapping dipopulerkan oleh Eddie Van Halen, sehingga banyak pemain gitar lain yang mengadopsi teknik tersebut. Namun sebenarnya, pada sekitar tahun 50-an dan setelahnya, sudah ada beberapa pemain gitar yang menggunakan teknik tersebut, jadi jauh sebelum tersebut dipopulerkan oleh EVH. Siapakah sebenarnya yang menemukan teknik two handed tapping tersebut ?
Pada tahun 1952, Jimmy Webster menguraikan suatu teknik baru memainkan gitar dalam bukunya yang berjudul Touch System. Beberapa pemain gitar yang menggunakan teknik tersebut pada era tersebut adalah Merle Travis dan Mark Laughlin, kemudian diikuti oleh Dave Bunker. Touch system tersebut pada dasarnya adalah two handed tapping, istilah yang digunakan sekarang.

Dalam bukunya tersebut, Webster menulis antara lain : "Touch system artinya memainkan gitar seperti piano... kedua tangan, kiri dan kanan dipergunakan...Sistem tersebut hanya dapat dimainkan dengan elektrik gitar, karena amplifikasi adalah rahasia keberhasilan permainan tersebut, sebab suara yang dihasilkan hanya bergantung pada pukulan dari jari itu sendiri... Dengan kombinasi pukulan jari tangan kiri dan kanan, kita seolah-olah memperoleh hasil dua atau tiga gitar yang dimainkan bersamaan..." Pada tahun 1955, Dave bunker membuat sebuah instrumen musik yang dibuat khusus untuk memainkan teknik tersebut. Bentuknya mirip seperti gitar 'double neck' yang ada sekarang ini. Bedanya, neck yang atas sangat lebar, dan digunakan untuk tangan kanan dalam memainkan melodi, sedangkan neck bawah digunakan untuk memainkan bass oleh tangan kiri.


Pada tahun 70-an, Emmett Chapman, mempopulerkan teknik tersebut, dan selain itu juga membuat instrumen khusus untuk memainkan teknik baru tersebut. Instrumen musik yang dibuat sediti berbeda, yaitu hanya satu neck, namun mempunyai fret yang sangat panjang.

Pada tahun 80-an, Charles Soupios juga membuat instrumen dengan desainnya sendiri untuk memainkan teknik two handed tapping. Dan pada tahun 1983, Sergio Santucci juga membuat sendiri instrumen musiknya untuk memainkan teknik two handed tapping tersebut. thanks aja ya hehe , cuman mau share .... sori kalo ada yang salah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar